Polemik Sistem Perkuliahan yang Dianggap Kontra Terhadap Jalannya Kehidupan Mahasiswa | Kampus Akademi Pimpinan Perusahaan

Sistem pembelajaran merupakan dinamika yang tidak dapat dihindari oleh para pelaku pendidikan itu sendiri. Sorotan kali ini mengarah ke sebuah perguruan tinggi yang konotasinya, mahasiswa sangat berperan aktif dalam berjalannya sistem pendidikan itu. Tim kembali online di hari dimana indonesia mulai bangkit dalam segala hal termasuk ekonomi serta pendidikannya. 

Jl. Cipedak Jagakarsa tepatnya, saat ini 08 oktober 2015 pukul 10:00 WIB, terjadi orasi statis yang idlakukan oleh mahasiswa suatu perguruan tinggi negeri di jakarta. Menagatasnamakan aliansi mahasiswa tanpa memandang organisasi serta derajat dalam kampus, aliansi tersebut memprotes sistem absensi yang diberlakukan dalam kampus dengan memberlakukan petisi yang nantinya akan ditandatangani oleh mahasiswa/i. Aliansi juga menyebarkan selebaran yang berisi sebagai berikut. 

"MAHASISWA TOLAK KEBIJAKAN AKADEMIK YANG MEMATIKAN MAHASISWA" 

"... layaknya sebatang rokok, akademik membuat kebijakan yang membunuh mahasiswa secara perlahan. Alat tersebut adalah diwajibkannya mahasiswa untuk menghadiri kuliah praktikum sebanyak 100%. Dengan keotoriterannya, akademik membuat kebijakan tersebut tanpa adanya analisa mengenai dampak yang akan dirasakan oleh mahasiswa..." 

Cuplikan frase selebaran diatas merupakan aksi protes atas dibekukannya lembaga eksekutif mahasiswa. entah akan menjadi aksi protes yang dinamis (Chaos) atau hanya sekedar statis dengan pihak mahasiswa dengan melakukan penandatanganan petisi semata kepada mahasiswa. dari hal yang telah terjadi ini, bisa disimpulkan bahwa dinamika pendidikan yang terjadi dalam internal suatu instansi juga memerlukan mediasi dua arah (2 pihak) sehingga tidak ada yg merasa dirugikan atau diuntungkan. 

Sekian 
Terima Kasih.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »