Budaya Indonesia | Gambang dan Lenong | Pesta Rakyat Cilodong 2015

pesta rakyat cilodong
seiring perkembangan zaman, budaya sudah mulai luntur di kalangan masyarakat indonesia. semakin hari makin sedikit orang yang membudidayakan budaya di indonesia. miris rasanya, negeri yang penuh kebudayaan ini seharusnya maju dengan intern budaya asli Indonesia, namun kita malah mengekor pada budaya ke baratan. kemajuan teknologi juga menjadi faktor terlupakannya budaya di mata masyarakat indonesia. 

Kecamatan cilodong hadir untuk mempertahankan nilai budaya indonesia dengan acara pesta rakyat tahunannya. mulai dari reog porogo sampai lenong yang menjadi budaya dari timur jawa hingga barat pulau ini. acara gambang dan lenong yang diiringi oleh seni musik tradisional menjadi hiburan yang ditunggu hingga akhir acara, karna mayoritas adalah suku betawi yang ada di depok. reog pun tak kalah seru, menyuguhkan 2 reog raksasa yang tampil eksotis sebagai icon kabupaten ponorogo ini. 

pesta rakyat cilodong
Lenong sendiri merupakan icon DKI jakarta yakni betawi punya, dibawakan oleh SMA 8 Depok, meriah dan memecah keheningan penonton yang kahirnya semakin antusias melihat semaraknya budaya tradisional ini. bertepatan dengan acara jalan sehat di pagi hari, dan ditutup dengan acara tradisional. Hmm, sangat menarik untuk hiburan keluarga di akhir pekan sabtu (25/04). Hadiah utama jalan sehat 1 unit sepeda motor, semakin menarik minat masyarakat untuk ikut serta dalam acara tahunan ini. Kantor Kecamatan Cilodong yang menjadi pusat acara semarak pesta rakyat ini. namun disayangkan yakni kesadaran masyarakat dalam membuang sampah yang masih kurang. diharapkan masyarakat dapat menjaga alam dengan membuang sampah pada tempatnya. 
'
Sekian
Terima Kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »